BANDA ACEH- Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, SE.Ak membuka resmi Safe Guard Tower (SGT) di halaman Kantor BPBD Jln. Soekarno Hatta No. 39, Geuceu Meunara, Jaya Baru, Geuceu Meunara, Banda Aceh, Kota Banda Aceh Kamis, (21/12) pukul 08.00 wib.

Pemerintah Jepang dan Pemerintah Kota Banda Aceh, berkolaborasi dalam mendirikan dan membangun menara penyelamat, Safe Guard Tower (SGT) di kota Banda Aceh, Pembangunan menara ini bekerja sama dengan sebuah perusahan asal Jepang yang memproduksi besi baja, Nippon Steel and Sumikin Metal Products Co., Ltd (NSMP).

Nippon Steel and Sumikin Metal Products Co., Ltd (NSMP) mengaku bersedia mengusung teknologi canggih serta kecakapan Tehnik ( know-how) dalam membangun Safe Guard Tower (SGT) untuk kota banda aceh, seperti di jelaskan General Manager NSMP Hirotaka Futamura

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banda Aceh Fadhil,S.Sos,MM mengatakan dalam sambutannya Safe Guard Tower (SGT) ini di bangun sebagai pusat evakuasi bgi masyaraka sekitr di sepanjang garis pantai bila sewaktu-waktu bahaya gempa yang menimbulkan tsunami mengncam keselamaan jiwa penduduk.

Dalam kegiatan tersebut di rangkai juga Simulasi Gempa tsunami yang di laksanakan oleh lima puluh orang siswa-siswi SD Negeri Bayangkari  dan puluhan masyaraka yang akan menggunakan Safe Guard Tower (SGT) sebagi tempat evakuasi yang di saksikan lagsung oleh Walikota Banda Aceh  dan tamu undagan.(elvan)