Mewabahnya virus corona menyebabkan puluhan orang meninggal dan ratusan lainnya kini mendapatkan perawatan. Virus yang dideteksi pertama kali muncul di Wuhan tersebut mengakibatkan Wuhan dan tiga kota lainnya di China kini diisolasi oleh pemerintah Tiongkok.

Otoritas Tiongkok dan World Health Organization (WHO) mengonfirmasi bahwa penyebab dari wabah ini adalah salah satu jenis coronavirus. Namun seberapa bahaya coronavirus ini? Apakah kita harus ikut waspada karenanya? Simak penjelasan berikut ini!

Nama virus corona diambil dari bentuknya yang menyerupai mahkota (corona) ketika dilihat di bawah mikroskop. Pada umumnya, virus ini tidak berbahaya, mereka hanya menyebabkan sakit pernapasan sedang seperti flu biasa.

Namun beberapa jenis coronavirus memang bisa membawa bibit penyakit yang berbahaya dan mematikan. Salah satunya adalah yang sedang menyebar di Tiongkok saat ini

Severe Acute Respiratory Syndrome atau SARS adalah penyakit pernapasan yang sangat menular. Ia pun menjadi wabah yang menjangkit 8.000 orang dengan kasus kematian sebanyak 800 di Tiongkok pada 2002.

Sedangkan Middle East Respiratory Syndrome atau MERS merupakan wabah serupa di wilayah Timur Tengah yang terjadi pada tahun 2012. Kedua penyakit tersebut juga disebabkan oleh coronavirus, tetapi dari jenis yang berbeda jika dibandingkan dengan wabah pneumonia saat ini.

Dilansir dari MedicineNetcoronavirus dapat menyebabkan gejala dari ringan hingga berat. Mulai dari demam biasa hingga sakit pernapasan yang akut. Terbukti bahwa selama ini pasien yang terjangkit mengeluhkan bahwa mereka merasakan demam yang berkelanjutan, batuk, sakit kepala, dan kesulitan untuk bernapas.

Kenali Virus Corona Penyebab dan Gejala, Langkah Preventif Pencegahan 

Berikut adalah beberapa langkah preventif pencegahan virus corona

1. Sering bilas tangan Anda dengan sabun dan air
2. Hindari menyentuh mata, mulut, atau hidung Anda dengan tangan yang tidak bersih.
3. Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang tidak sehat.
4. Pakailah masker saat beraktivitas di luar ruangan dan di tempat-tempat umum
5. Jika Anda merasakan gejala seperti flu, segera periksa diri Anda.
6. Cukup beristirahat
7. Perbanyak minum air putih