BANDA ACEH, Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Mengenai bencana tersebut, Pemerintah Kota Banda Aceh  terus berupaya meningkatkan kapasitas manajemen penanggulangaan bencana bagi guru SMP Se-Kota Banda Aceh. Terbukti saat ini sosialisasi penanggulangan bencana dilaksanakan oleh BPBD Banda Aceh di Hotel Rasamala.

Mengantisipasi masalah tersebut, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh yang diwakili oleh Edisah Putra, SH sebagai Seketaris BPBD Kota Banda Aceh, “kalau bicara  berbagai macam bencana seperti kebakaran, banjir, angin puting beliung, gempa, wabah penyakit dan sebagainya, untuk itu kepada peserta sosialisasi untuk terus waspada dan selalu mengingatkan kepada siswa-siswinya di sekolah untuk menjadi sekolah tangguh bencana”.

Untuk mencegah timbulnya bencana dan korban jiwa tersebut yang sering terjadi di Kota Banda Aceh merupakan tujuan dari sosialisasi bencana ini, ujarnya di Aula Hotel Rasamala Kota Banda Aceh, Senin (23/10).

Kegiatan Sosialisasi Potensi Bencana Alam Menuju Sekolah Tangguh Bencana ini diikuti oleh 30 orang peserta mewakili dari guru SMP, Dinas Pendidikan dan MPD di Wilayah Kota Banda Aceh, adapun maksud sosialisasi ini di lakukan guna memberi pemahaman tentang potensi bencana alam di Daerah Kota Banda Aceh sebagai pemaku kepentingan di pendidikan, di harapkan adanya kemampuan dari sekolah untuk bisa mewujudkan sekolah tangguh bencana yang akirnya apabila ada bencana di harapkan pengurangan terhadap resiko bencana bisa di ujudkan.

Kegiatan ini di jadwalkan akan diadakan selama 2 hari mulai dari tanggal 23 sampai dengan tanggal 24 Oktober 2017 di Hotel Rasamala Kota Banda Aceh.(BES)