Escape Building Alue Deah Teungoh

Banda Aceh, Badan penaggulagan bencana kota banda aceh mengadakan loning Lounching Tsunami Escape Building Pusat Komunitas Model yang ada di Desa Alue Deah Tengoh yang akan di lakasanakan pada tanggal 28 Juni 2018.

Banda Aceh merupakan salah satu kawasan rawan bencana di Indonesia, untuk itu program Mitigasi Bencana adalah tempat yang harus dibangun di Kota Banda Aceh Pengurangan Resiko Bencana harus menjadi kekuatan bersama antara masyarakat, Pemerintah dan Dunia usaha.

Dalam hal Mitigasi Bencana Banda aceh memiliki sarana dan prasarana Infrastruktur bencana dan salah satu tersedianya Bangunan Luput, bangunan Escape yang ada oleh Pemda Banda Aceh ada 3 yaitu di desa Lambung, Desa Deah Glumpang dan desa Alue Deah Tengoh yang dibangun oleh Pemerintah Jepang tahun 2006 .

Dalam program Rehap Rekon semasa pasca gempa tsunami tahun 2004 masih ada yang disebut 12 dan tempat kerja sebagai tempat evakuasi bencana belum pernah terpakai karen Alhamdulillah belum ada lagi bencana.

Olehkarenanya hanya untuk hal tersebut gedung tidak termaafaatkan dan menjd sia2 tampa dimamfaatkan untuk fungsi kekinian sehigga akan terlihat kusam dan mulai kurang terawat dan juga tidak ada aturan tetang kewenangan pengelolaanya, oleh karena itu BPBD berinisiatif utk melakukan usaha untuk bisa menjadikan hal ini dapat bermaafaatkan kekinian dan juga tidak meghilangkan fungsi utama sebangai tepmt evakuasi yang harus terpeliharan

Untuk itu kami telah membuat peraturan Walikota tentang Kewenangan pemamfaatan gedung dan gedung melarikan diri Lounching “Tsunami Escape Building Pusat Komunitas Model yang dipusatkan di Gedung Escape di desa Alue Deah Teungoh dengan gabungan dan berksloborasi beberapa pemangku kepentingan baik dari Perbankan, Dunia Usaha, Beberspa, SKPD dan LSM / LSM, BUMN / Dll.

Tsunami Escape Building CCM ini adalah sarana pusat kegiatan masyarakat yang dipakai dan digunakan sebagai sarana pesta dan musyawarah masyarakat, sebagai tempat Pelatihan & pendidikan kebencanaan, sebagai tempat pendidikan bagi anak-anak sekolah, Sebagai tempat sarana anak-anak, sebagai tempat pertemuan dan kajian, Sebagai tpt raga, sebagai tpt tujuan wisata, sebagai tempat sarana pasar rakyat, dll nya..maka pd tgl 28 juli.kami akan melaunching TECCM di desa Alue Deah Teungoh yg akan diresmikan oleh Walikota B.Aceh Bpk Aminullah Usman SE.Ak.

kegiatan yang dilakukan untuk melakuk Pameran, Bazar, pasar murah, Pameran UKM, Penyiaran, olah raga, Pemeriksaan kesehatan dan donor, Sosialisasi Gamping Tangguh Bencana dll. ( timdokumentasidanpubikasi)