Beberapa wilayah di Indonesia tengah mengalami cuaca ekstrem. Bahkan, banyak terjadi beberapa bencana seperti, banjir, angin topan, dan tanah longsor di beberapa daerah akibat cuaca ekstrem ini. Tentu, cuaca yang ekstrem ini bisa memengaruhi kondisi fisik tubuh.

Agar tubuh tidak sakit, kamu perlu mengetahui beberapa persiapan untuk menghadapi cuaca ekstrem. Mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrem memang bukan perkara mudah karena tubuh dituntut untuk mampu beradaptasi dengan perubahan cuaca yang tidak menentu.

Tips Persiapan Menghadapi Cuaca Ekstrem

Dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen kesehatan, seseorang dapat mempersiapkan kesehatannya sendiri. Namun, hal-hal lain sama pentingnya untuk kamu rencanakan.

Nah, saran berikut dapat membantu kamu bersiap menghadapi cuaca buruk:

1. Persiapkan Perlindungan Ekstra

Selalu siap memberikan perlindungan tambahan bagi tubuh merupakan salah satu cara yang paling mendasar dalam menghadapi cuaca buruk. Saat cuaca panas, gunakan topi dan tabir surya untuk menghindari sengatan matahari.

Kamu juga perlu menyiapkan payung, jaket, dan jas hujan untuk musim hujan agar tubuh selalu kering dan hangat. Perlindungan ekstra seperti beberapa hal di atas dapat membantu mengurangi risiko tubuh terpapar penyakit akibat cuaca ekstrem.

2. Pantau Informasi dari Sumber Tepercaya

Terlepas dari seberapa cepat cuaca dapat berubah, tidak ada salahnya untuk secara rutin mencari informasi tentang kondisi cuaca terkini. Untuk mendapatkan prakiraan cuaca yang tepercaya, kamu bisa mengunjungi situs resmi informasi cuaca seperti BMKG.

Ingat, informasi yang tidak akurat mengenai cuaca buruk dapat merugikan, sehingga sebaiknya dapatkan prediksi cuaca dari sumber yang tepercaya.

3. Persiapkan Kebutuhan Darurat

Ketika melakukan persiapan untuk menghadapi cuaca ekstrem, kamu juga perlu memikirkan tentang kejadian yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Apalagi jika area tempat kamu tinggal menjadi langganan banjir, sebaiknya persiapkan kebutuhan darurat. Ingat, situasi darurat bisa terjadi kapan saja. 

Siapkan beberapa barang, seperti pakaian bersih, air minum, obat-obatan dasar, makanan darurat, uang tunai, dan salinan surat-surat penting. Tujuannya adalah untuk memudahkan kamu dan keluarga ketika harus evakuasi mandiri.

4. Persiapkan Obat Dasar di Rumah

Salah satu metode terbaik untuk mengatasi kondisi ketika kamu menunjukkan gejala penyakit karena cuaca buruk adalah dengan mengonsumsi obat-obatan dasar rumahan. 

Sebagai panduan, kamu dapat mempersiapkan obat-obatan untuk mengatasi demam, radang, flu, batuk, dan sakit kepala sebagai obat dasar yang wajib ada di rumah. Jadi, kamu tidak perlu menunggu sampai penyakit menjadi parah. 

5. Istirahat dan Minum Air Putih yang Cukup

Istirahat adalah langkah paling utama dalam melindungi diri dari cuaca buruk. Istirahatkan tubuh secara alami dan jangan paksa tubuh untuk selalu beraktivitas. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup agar kebutuhan hidrasi terpenuhi. (https://www.halodoc.com/artikel/jaga-keselamatan-diri-ini-persiapan-menghadapi-cuaca-ekstrem)